Stem Cell: Ibarat Tukang, Mereka Memperbaiki Tubuh Manusia

Inilah Stem cell atau sel punca, sel induk yang memiliki kemampuan baik memperbarui atau meregenerasi dirinya sendiri. Bahkan mampu berdiferensiasi menjadi sel dewasa, seperti sel saraf, sel otot, dan sel dewasa lainnya. Sehingga ia bisa dimanfaatkan sebagai terapi untuk berbagai kelainan penyakit degenerative, seperti auto imun disease (psoriasis, lupus), diabetes, stroke, jantung, osteo arthritis, autis, bahkan Juga untuk terapi kanker dengan varian-variannya kanker, seperti kanker pada anak dan wanita.

Seperti diketahui penyakit degeneratif adalah penurunan fungsi sistem di dalam tubuh, dikarenakan kerusakan maupun penuaan jaringan atau organ.  Sehingga terapi sel punca bermanfaat meregenerasi sel dalam tubuh hingga bisa memulihkan dan menumbuhkan kembali jaringan yang rusak.

Pada dasarnya sel punca ada dan hidup dalam diri setiap manusia. Ibarat tukang, merekalah yang selama ini berperan memperbaiki tubuh manusia. Ambil contoh penyakit diabetes atau gagal ginjal, Sel punca akan berperan memperbaiki jaringan-jaringan yang telah mengalami penurunan fungsi pada fungsi organ tersebut. Sehingga proses penurunan fungsi dari organ-organ bersangkutan bisa dihentikan dan kembali meningkatkan fungsi organ ke level normal seperti sebelumnya. Itu terjadi lantaran sel punca memilki kemampuan dalam berdiferensiasi menjadi sel dewasa, menggantikan sel-sel dewasa di dalam tubuh, baik yang mengalami penuaan (aging) maupun kerusakan.

Namun masalahnya adalah ketika manusia mengalami penuaan atau cidera, jumlah sel di dalam tubuh tidaklah cukup untuk memperbaiki bagian tubuh yang rusak tersebut sehingga diperlukan terapi stem cell untuk mengatasi hal tersebut.

Ada beberapa prosedur dari terapi sel punca berdasarkan sumbernya.  Ada sel punca yang bersumber dari diri sendiri atau autologous, ada yang dari donor sesama manusia, dan ada juga yang dari binatang atau tumbuh-tumbuhan. Dan semuanya memiliki tingkat kesempurnaan yang berbeda dalam penerapannya.

Yang terbaru, saat ini tingkat kesempurnaan dari penerapan terapi stem cell bisa didapatkan dari sel panca yang bersumber dari janin. Ya, janin yang telah dibuahi selama kurang lebih 7 sampai 10 minggu, dari sampel tersebut kemudian dikirim ke laboratorium, diproses menjadi sel-sel yang diperlukan dan disimpan di bank penyimpanan laboratorium yang nantinya akan di infuskan melalui pembuluh vena pasien untuk perbaikan bagian, jaringan atau organ tubuh pasien yang membutuhkan perbaikan.

Metode yang terakhir inilah yang digunakan dan untuk bisa mendapat layanan terapi stem cell seperti itu silakan kunjungi klinik Stanmed Center  yang berlokasi Jl. Hang Lekir Raya No.9 Kebayoran Baru Jakarta 12120 Tlp. (021)722 8899 Fax. (021)72 800 323 Atau untuk mendapat penjelasan lebih detail anda bisa langsung hubungi : 081259339977 (ibu vonny)


Comments

Popular Posts