7 Jurus Mewaspadai Kosmetik Palsu

Kosmetik palsu semakin banyak beredar di pasaran. Masyarakat yang tidak teliti membeli atau tergiur dengan iming-iming bereaksi cepat (cepat putih, cepat langsing, dll), banyak yang menjadi korban kosmetik palsu. Akibat pemakaian kosmetik palsu sudah banyak diberitakan dampak dan efek sampingnya baik dalam segi kesehatan maupun kerusakan jaringan kulit setelah penggunaannya. Karena itu sangat penting untuk mewaspadai keberadaan kosmetik palsu di pasaran. Simak tips-tipsnya berikut ini
Ilustrasi: sumber gb: kompas.com

Harga

Harga adalah yang paling mudah dijadikan patokan untuk mengetahui asli tidaknya sebuah produk kosmetik. Kalau ada yang menawarkan harga kosmetik dibawah standart, maka perlu dicurigai kosmetik tersebut palsu. Dengan merk yang sama sementara harganya hampir 50 persen lebih murah sudah patut dipertanyakan keaslian dan kualitasnya.

BPOM

Setaip produk yang sudah teruji keamanan dan keasliannya pasti mencantumkan nomer atau kode tertentu dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Tapi sekarang tidak cukup hanya dengan melihat ada tidaknya kode BPOM. Kita harus memastikan kode yang tercantum adalah asli. Caranya daftar kode yang tercantum di kemasan produk kita cek di web site BPOM. Bila sesuai maka produk tersebut asli.

Kemasan

Meski agak sulit mendeteksi dari kemasan, kita bisa memastikan produk kosmetik asli atau tidak dari kemasannya. Misalnya segel pada kemasan, kualitas kemasan, bahkan ada tidaknya hologram pada kemasan. Bila kondisi segel tidak sempurna, ada bagian kemasan yang kurang meyakinkan (warna pudar, rusak), sebaiknya dihindari.

Layanana Konsumen

Badan POM sudah mensyaratkan pencantuman nomer customer service (CS) atau layan konsumen di kemasan produk kosmetik. Maksudnya agar ketika ada keluhan, pemakai kosmetik bisa langsung mengubungi layanan konsumen dan mendapat layanan purna jual.

Sertifikasi Halal

Sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) biasanya tercantum di produk-produk kosmetik asli. Meskipun belum banyak produk kosmetik berlabel halal, terutama produk impor. Tapi dengan memilih produk berlabel halal, kita akan lebih tenang dan yakin dengan keaslian produk.

Efek Pemakaian

Bila terlanjur membeli untuk memastikan keaslian produk kosmetik bisa dilihat efeknya terhadap kulit. Kosmetik palsu akan berdampak jelek, misalnya iritasi atau sampai menimbulkan kerusakan permanen pada kulit. Efek pemakaian seperti ini tentu sangat tidak diharapkan. Untuk itu pemakai harus mewaspadai sejak sebelum membeli.

Testimoni Pemakai

Ini penting untuk diperhatikan, terutama bagi yang terbiasa membeli produk kosmetik di toko online. Banyak produk kosmetik yang dijual secara online tidak mencantumkan kode dari BPOM. Untuk itu lihatlah testimoni pengguna yang biasanya dipublish oleh penjualnya. Pastikan juga testimoni tersebut asli dan bukan rekayasa penjualnya.

Itulah beberapa tips mewaspadai kosmetik palsu yang banyak beredar di pasaran. Selain yang sudah disebutkan di atas, menentukan tempat membeli juga penting menjadi bahan pertimbangan. Belilah produk-produk kosmetik di tempat yang sudah terpercaya.




******
Apakah kamu punya cerita inspiratif seputar hijab (hijab story, jodoh, pernikahan)? Atau punya tips tentang perempuan dan hijab (fashion, kecantikan, kesehatan, makanan, resep masakan atau tutorial hijab)? Ayo kirimkan ke email redaksi: coveringhijab@gmail.com sertakan juga biodata singkat kamu ya

Lets be part and being useful hijabers with BeeHijab

*****

Comments

Popular Posts