Diet Mayo? Apaan Sih?

Istilah Mayo berasal dari sebuah Mayo Clinic di Amerika yang merancang pola makan dengan gizi seimbang. Yang ajaib dari diet ini, hanya dilakukan dalam kurun waktu 13 hari bobot tubuh bisa turun hingga 7 kg.

Dikutip dari blog monaratuliu.com, "cara diet ini telah diselidiki bahwa keadaan kimia di dalam tubuh akan menjadi lebih baik. Sehingga tidak ada kemungkinan menjadi gemuk lagi." Ditambahkan keterangan di sana, kalau cukup melakukan diet ini sekali setiap tahun.

dok. maximizedliving.com
Hal inilah yang membuat orang melirik diet mayo untuk menurunkan berat badannya. Karena yang paling susah memang mempertahankan berat badan saat sudah berhasil melakukan diet. Seperti halnya puasa ketika sudah waktunya buka tiba, makan seperti pembalasan dendam. Syarat diet ini, setelah 13 hari diet, harus makan secara wajar. Bahkan ketika sedang menjalani program 13 hari diet mayo, tidak boleh melanggar aturan menu makan diet yang sudah disusun. Jika terdapat pelanggaran dalam 13 hari tersebut, maka harus mengulang dari awal mulai hari pertama. Wuuu!!!

Beberapa peraturan dalam diet mayo diantaranya:
  1. Minum air putih minimal 8 gelas sehari atau seenggak-enggaknya 2 Liter
  2. Tidak menggunakan garam dalam makanan apapun
  3. Mengganti karbohidrat dengan tinggi protein
  4. Boleh makan daging atau ayam tapi harus dikukus atau panggang
  5. Makan sayur-sayuran dan buah-buahan
  6. Semua makanan ditakar dengan takaran yang pas
  7. Batas makan hanya sampai pukul 18.00 kecuali minum bisa setiap jam
Dengan aturan diet diatas, diet mayo bisa dijalankan dengan mengatur jadwal menu makanan selama 13 hari ke depan untuk pagi, siang dan malam. Efeknya bisa membuat tubuh sering buang air besar, sehari bisa sampai 8x. Sehingga akan lebih nyaman menjalankan diet ini di rumah, maksudnya tidak sedang liburan atau bepergian. 

Inilah yang membuat keberhasilan diet mayo. Karena pada dasarnya karbohidrat dan garam mengikat air dalam tubuh. Jika tidak ada asupan garam dan karbohidrat bisa kehilangan banyak cairan membuat berat tubuh cepat turun. Jangan khawatir lemas, itulah kenapa aturan diet mayo memang menyarankan untuk minum minimal 8 gelas air sehari yang bisa diminum kepan saja. 

Sebelum melakukan diet ini akan lebih baik jika berkonsultasi dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk pengaturan menu makan seimbang. Atau bisa juga mengikuti menu diet catering diet mayo yang sudah banyak beredar sekarang.


*****

Apakah kamu punya cerita inspiratif seputar hijab (hijab story, jodoh, pernikahan)? Atau punya tips tentang perempuan dan hijab (fashion, kecantikan, kesehatan, makanan, resep masakah atau tutorial hijab)? Ayo kirimkan ke email redaksi: coveringhijab@gmail.com sertakan juga biodata singkat kamu ya

Lets be part and being useful hijabers with BeeHijab

*****

Comments

  1. aku kan skrng baru hari kelima jalanin diet mayo,tapi aku belum timbang sih biar surprise pas hari ke 13 nya,dan sekarang udh kerasa perubahan nya kok,perut ku udh agak kecilan dan badan juga terasa enteng,aku seminggu 5 kali senam aerobik, aku cuma makan sayuran mentah atau yang direbus ,telur rebus 1 perhari nya dan untuk buah nya aku cuma makan pepaya, tapi aku konsumsi itu semua pas waktu makan siang aja, sore nya aku cuma makan pepaya lagi. kalo malem sih aku ga makan, aku cuma banyak minum 1 hari 8 gelas air putih, nah aku mau nnya dong, cara diet mayo yang aku lakuin itu udah bener ga sih ? soal nya aku alergi daging2an maka nya aku gak makan daging, dan boleh ga ya makan roti tawar dipagi hari ? tapi roti tawar itu dikomposisi nya mengandung “garam” jadi aku ragu nih mau makan roti tawar nya. please answer yaaa, aku lgi butuh saran nih. thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear.. Peraturannya memang enggak boleh makan garam karena garam mengikat air. Mending ganti yang lain seperti umbi2an.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts