Berpikir Original Itu Mahal

Sutradara film Hijab ditengah para pemain dok. dream.co.id
Di tengah kontroversi film Hijab banyak yang terjebak pada trailer film yang hanya berdurasi 2 menit. Entah ini karena kesalahan materi promosi atau masyarakat kita yang enggak mau membuka pemikiran untuk tidak menghakimi dan tak jarang yang terkesan membuly sebelum menyaksikan sendiri filmnya.

Bahkan sekelas Hanum Rais yang notabene adalah penulis novel santun tak mampu mengolah kritiknya menjadi lebih bijak. Terasa sekali penuh fitnah dan kebencian. Saya (admin) yakin Hanum Rais bisa menulis kritik yang jauh lebih cerdas dari itu, yang bisa memberikan catatan berharga bagi si Sutradara. Bukankah kalian berkarya dalam ranah yang tidak jauh berbeda? 

Tidak, tidak ada harapan kejadian ini menimpa bakal film Hanum Rais. Dan saya (admin) rasa Hanung Bramantyo Cs. juga tidak ada niatan melakukan hal sama nantinya. Cuma berharap Hanum Rais mau mengklarifikasi dan memperbaiki bola fitnah yang sudah menyebar. Bukankah sudah ada pintu dari Zaskia Adya Mecca selaku produser?

Miris banget jika melihat caci dan makian kepada si Sutradara bersumber dari penulis novel sekelas putri bapak Amin Rais. Apalagi yang bermanjangkan fitnah kebanyakan ikhwan-ikhwan dan akhwat-akhwat yang konon katanya lebih memiliki cara pandang mulia dari image hijabers.

Semoga saja tulisan ini salah dan sudah diluruskan jauh sebelum tulisan ini dibuat. Dan menjadi bagian renungan pribadi untuk tidak terjebak pada prisip generalisasi.

Bukankah setiap masing-masing memiliki cara pandang berbeda. Jadilah hijabers yang berprinsip dan tidak mudah ikut-ikutan terjebak dalam arus yang sama. Pemikiran original kita tentang sesuatu jauh lebih berharga daripada sekedar ikut-ikutan berkomentar tanpa mau tahu isi film yang sebenarnya. Karena menilai sebuah film tidak bisa hanya dari judul, trailer atau bahkan image sang sutradara. Jangan me(nebar)-naruh kebencian sebelum kalian mengenalnya.



*****

Apakah kamu punya cerita inspiratif seputar hijab (hijab story, jodoh, pernikahan)? Atau punya tips tentang perempuan dan hijab (fashion, kecantikan, kesehatan, makanan, resep masakah atau tutorial hijab)? Ayo kirimkan ke email redaksi: coveringhijab@gmail.com sertakan juga biodata singkat kamu ya

Lets be part and being useful hijabers with BeeHijab

*****

Comments

Popular Posts